Ibu sehat Indonesia, Ibu dan Anak, Cantik dan Gaya, Karir, Relationship, Bugar dan Sehat, Dapur, Wirausaha, Obat dan Vitamin

Apa Itu Kanker Serviks ?

· · 0 comments

Kanker serviks atau kanker leher rahim, kanker serviks masuk dalam katagori kanker ganas. Kanker serviks adalah suatu proses keganasan yang terjadi pada serviks, sehingga jaringan disekitarnya tidak dapat melaksanankan fungsi sebagimana mestinya. Keadaan tersebut biasanya disertai dengan adanya pendarahan dan pengeluaran cairan vagina yang abnormal, penyakit ini dapat terjadi berulang-ulang.

Apa Itu Kanker Serviks ?Kanker serviks (kanker leher rahim) sebuah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks. Yaitu bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina. Kanker serviks

dapat muncul pada perempua usia 35 - 55 tahun. Data yang didapat dari yayasan kanker indonesia (tahun 2007) menyebutkan setiap tahunya sekitar 500.000 perempuan didiagnosa menderita kanker serviks dan lebih dari 250.000 meninggal dunia. Total 2,2 juta perempuan di dunia menderita kanker serviks. Sungguh betapa menakutkannya kanker ini.

Data lain menyebutkan kanker seviks ternyata dapat tumbuh dari wanita yang usianya lebih muda dari 35 tahun. Di indonesia sekarang diperkirakan dalam setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker serviks. Parahnya sekitar 20 orang setiap harinya meninggal dunia karena kanker serviks.

Di dunia kemampuan kanker serviks sebagai pembunuh memang belum mengungguli kanker paru-paru. Mungkin karena penderitanya hanya pada wanita saja. Namun walaupun begitu kanker serviks tetap menjadi perhatian dunia sebab angka kematian kanker ini meningkat tajam.

Menurut penelitian di australia dilaporkan setidaknya ada 85 penderita kanker serviks dan 40 pasiennya meninggal dunia. Salah satu sumber penularan utama (75%) adalah hubungan seksual. Sebab kanker ini ditularkan melalui HPV atau (Human Pappiloma Virus). HPV ini menyerang mulai adanya kematangan seksual, mulai anak-anak umur 9 tahun hingga lansia 70 tahun.Dengan begitu, maka begitu ada kontak seksual, sangat mungkin selama hidup seorang wanita masih berada dalam ancaman HPV.

Kanker seviks memang dapat dicega. Mesikipun begitu penderita terbanyak adalah penduduk indonesia bila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Setiap tahunnya, tedapat kurang lebih 400 ribu kasus baru kanker serviks.

0 comments:

Post a Comment